Dec
01
2016

Machine Learning

Saat ini teknologi telah berkembang pesat. Perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk membuat teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia, mulai dari pekerjaan yang simpel hingga pekerjaan yang kompleks. Program yang dihasilkan pun dimulai dari program yang simpel seperti kalkulator yang menggunakan fixed rules, hingga program yang kompleks yang memungkinkan komputer untuk belajar dari penggunanya.  Istilah ini kita kenal dengan sebutan Machine Learning, yaitu keadaan dimana komputer mempelajari-pola-pola dari data yang ada, dan kemudian mengaplikasikan hasil pembelajaran tersebut untuk mengolah data yang selanjutnya masuk.

Komputer dengan Machine Learning inilah yang dapat benar-benar membantu pekerjaan manusia. Dengan kemampuannya untuk mempelajari sesuatu, komputer menjadi tidak kaku, dan dapat menyesuaikan respon/output dengan data yang masuk ke komputer. Hal ini tentu membuat Komputer tersebut menjadi semakin pintar, dan bahkan lebih pintar melebihi komputer dengan fixed rules. Dengan kecerdasan buatan inilah pekerjaan manusia dapat lebih dimudahkan, karena komputer berfungsi dan bekerja layaknya seorang manusia. Machine Learning paling optimal jika diaplikasikan dalam pekerjaan yang membutuhkan diagnosa, contohnya seperti menentukan penyakit suatu makhluk hidup, menentukan kerusakan dari kendaraan, dll. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mengaplikasikan Machine Learning untuk membantu pekerjaan yang melibatkan rutinitas, seperti contohnya jika kita menyalakan AC pada pukul 8 malam setiap harinya, maka sistem akan otomatis menyalakan AC pada jam 8 malam tanpa harus kita nyalakan sendiri.

Jika berkesempatan untuk membuat aplikasi berbasis Machine Learning, saya akan membuat sebuah Smart Home System. Sistem ini membaca aktifitas kegiatan dari setiap anggota keluarga di rumah, mulai dari jam berapa setiap anggota keluarga bangun pagi, jam berapa mereka menyalakan dan mematikan peralatan elektronik secara rutin, jam berapa saja mereka tidur, dll. Data-data ini kemudian direkam dan dipelajari oleh sistem, sehingga dapat ditentukan mana yang dapat dilakukan secara otomatis oleh sistem, mana kegiatan yang mengharuskan sistem untuk bertanya terlebih dahulu kepada setiap anggota keluarga, dan mana kegiatan yang tidak seharusnya dilakukan oleh sistem. Sistem juga akan mengingatkan setiap anggota keluarga mengenai rutinitas yang mereka lakukan, seperti contohnya bangun pagi, makan siang, dll. Sehingga, kegiatan setiap anggota keluarga lebih teratur, dan dimudahkan.

Edwin

1901455966

Odd Semester 2016/2017

School of Computer Science, Bina Nusantara University

Written by royalbinusian in: |

No Comments

Comments are closed.

RSS feed for comments on this post.


Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker. Zinsen, Streaming Audio